Apa Manfaat Susu Kedelai Untuk Ibu Hamil Bagi Perkembangan Bayi

Meminum susu sangatlah penting bagi Ibu hamil. Susu sangatlah banyak pilihannya, salah satunya yaitu susu dari kacang kedelai. Pernahkan anda mendengar tentang khasiat susu kedelai untuk perkembangan bayi? Tapi, Apa benar manfaat susu kedelai untuk Ibu hamil sangat penting bagi perkembangan bayi? Kandungan dari kedelai yang memiliki sembilan asam amino dan kaya akan protein memang sangat penting bagi ibu hamil. Namun, efek negatif dari mengkonsumsi susu kedelai pada masa kehamilan dan menyusui memang masih ada. Tapi manfaat yang diperoleh akan lebih banyak dari pada efek negatifnya.

Manfaat Susu Kedelai Untuk Ibu Hamil Selama Masa Kehamilan

Manfaat Susu Kedelai Untuk Ibu Hamil Bagi Perkembangan Janin

Berikut ini beberapa Manfaat Susu Kedelai Untuk Ibu Hamil selama masa kehamilan yang harus anda ketahui:

  1. Susu kedelai kaya akan asam folat. Asam folat merupakan salah satu nutrisi yang dibutuhkan pada masa kehamilan. Asam folat akan mengoptimalkan perkembangan janin dan meningkatkan pertumbuhan sel saraf bagi janin.
  2. Susu kedelai kaya akan protein yang baik bagi kesehatan ibu hamil. Tidak hanya itu, protein juga akan memastikan organ janin berkembang dengan baik. Protein yang ada dalam susu kedelai antara lain arginin, treonin, isoleusin, lisin dan glisin.
  3. Kandungan Vitamin A, B1 dan E merupakan vitamin yang sedang dibutuhkan bagi ibu hamil. Vitamin A berfungsi dalam pertumbuhan indra pengelihatan dan tulang bagi janin Anda. Vitamin E akan memberikan energi bagi Anda untuk tetap sehat dan bisa beraktifitas seperti biasa. Susu kedelai akan membantu melengkapi kebutuhan vitamin yang diperlukan oleh tubuh, karena kaya vitaminnya.
  4. Kandungan akan kalsium dalam susu kedelai akan bermanfaat bagi proses perkembangan tulang janin.
  5. Susu kedelai kaya akan lemak nabati yang baik untuk Ibu hamil dan janin yang ada dalam kandungan. Selain itu, lemak nabati akan memcegah berat badan yang berlebihan bagi Ibu hamil.
  6. Susu kedelai mengandung karbohidrat yang tinggi. Karbohidrat akan memberikan energi pada ibu hamil agar bisa menjalani aktifitas seperti biasa.

Efek Samping Susu Kedelai Untuk Ibu Hamil

Meskipun susu kedelai memiliki kandungan gizi yang tinggi, tapi efek samping yang mungkin terjadi juga ada. Berikut ini beberapa efek samping dari susu kedelai:

  1. Susu kedelai mengandung isoflavon yang menyerupai estrogen. Isoflavon ini dapat mempengaruhi ukuran alat kelamin bagi janin laki-laki. Isoflavon yang terkandung dalam kacang kedelai juga bisa membuat sakit kepala sebelah atau migrain.
  2. Beberapa dari ibu hamil bisa mengalami gejala alergi seperti bernapas masalah, ruam, bengkak, muntah dan mual akibat mengkonsumsi susu kedelai secara rutin.
  3. Konsumsi susu kedelai dalam kasus yang jarang terjadi juga mengakibatkan anafilaksis.

Akan tetapi masih belum ada bukti yang kuat untuk mendukung pendapat tersebut. Namun, lebih baik anda menghindari mengkonsumsi susu kedelai secara berlebihan, untuk menghindari bayi lahir cacat.

Dosis Yang Disarankan Untuk Minum Susu Kedelai Bagi Ibu Hamil

Susu kedelai mengandung nutrisi yang penting dalam masa kehamilan, ketika dikonsumsi tidak berlebihan.Agar anda dapat manfaat dari susu kedelai, maka disarankan untuk mengkonsumsi sekitar satu cangkir susu kedelai setiap hari. Jika Anda tidak alergi terhadap susu kedelai, empat porsi susu kedelai. Disarankan untuk memeriksa kepada dokter selama mengkonsumsi susu kedelai pada saat kehamilan. Pada saat itu sistem kekebalan tubuh Ibu hamil akan melemah. Mengkonsumsi susu kedelai yang salah dapat memberikan efek negatif bagi ibu hamil dan perkembangan janin.

Sumber: momjunction.com

One Response

  1. Info Kesehatan May 9, 2016

Add Comment