Manfaat Vitamin C Untuk Kulit, Rambut dan Kesehatan Yang Luar Biasa

Vitamin C adalah salah satu jenis vitamin yang larut dalam air dan berfungsi sebagai suplemen makanan yang sangat penting bagi manusia. Manfaat Vitamin C bisa menjegah berbagai macam penyakit, seperti sariawan. Manusia dan semua mamalia bisa membuat vitamin C dari sel mereka. Tetapi tubuh kita tidak bisa menyimpan Vitamin C, sehingga kita perlu mengkonsumsinya dari makanan, seperti buah jeruk, lemon, tomat dan lainnya.

Vitamin C diperlukan oleh tubuh untuk pertumbuhan dan perbaikan jaringan dalam tubuh kita. Vitamin C juga dibutuhkan untuk membuat kolagen, yaitu protein yang membantu kerja tendon atau otot, ligamen, pembuluh darah dan menjaga kulit serta organ lainnya. Manfaat Vitamin C yang lain yaitu meningkatkan penyerapan zat besi dari makanan nabati dan membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh. Sehingga tubuh kita lebih terlindungi dari berbagai macam penyakit.

Berapa banyak Vitamin C yang harus dikonsumsi setiap harinya

Sumber gambar: mywisegranny.com

Berapa banyak Vitamin C yang harus dikonsumsi setiap harinya?

Rekomendasi mengkonsumsi vitamin C setiap harinya berbeda-beda, tergantung pada umurnya. Berikut ini vitamin c yang dibutuhkan sesuai umurnya:

  • Laki-laki dewasa: 90 mg
  • Wanita dewasa: 75 mg
  • Anak-anak usia 9-13 tahun: 45 mg

Vitamin C dapat diambil dari buah-buahan, seperti jeruk,  stroberi, nanas, lemon dan sayur-sayuran, seperti brokoli, cabe.

[button color=”blue” font_color=”#ffffff” link=”http://penuhmanfaat.com/kesehatan/manfaat-lemon-untuk-kesehatan-kecantikan-dan-diet/” size=”small” target=”_blank”]Baca juga: Manfaat Lemon Untuk Kesehatan, Kecantikan dan Diet[/button]

 

Manfaat Vitamin C Bagi Kesehatan Badan

1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Vitamin C mampu memperbaiki luka, mempertahankan kesehatan tulang serta gigi, dan meningkatkan kemampuan tubuh kita dari bakteri, virus dan infeksi. Vitamin ini juga mampu membantu menyembuhkan luka lebih cepat dan melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas dari paparan sinar UV.

2. Obat alami untuk masalah kulit

Pada zaman dahulu, vitamin C digunakan untuk mengobati berbagai masalah/penyakit yang berhubungan dengan kulit. Sekarang ini, vitamin C digunakan dalam berbagai obat kecantikan seperti untuk pelembab, obat muka serta sebagai masker untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV dan membantu mengurangi keriput.

3. Membantu menurunkan kadar kolesterol

Vitamin C dapat meningkatkan proses perubahan kolesterol menjadi garam empedu, sehingga dengan mudah dihilangkan dari tubuh. Oleh karena itu, vitamin C sangatlah penting dalam mengurangi tingkat kolesterol dalam darah.

4. Membantu mencegah kanker

Sebuah studi telah menyarankan bahwa dengan dosis tinggi vitamin C dapat meningkatkan efek anti-kanker dari obat yang digunakan dalam kemoterapi untuk pasien kanker. Para peneliti percaya bahwa vitamin C dapat menjadi pengobatan yang aman dalam melawan kanker.

5. Mengatur kadar gula darah pada penderita diabetes

Penderita diabetes dianjurkan rutin mengkonsumsi makanan/buah-buahan yang mengandung vitamin C, karena dapat mengatur kadar gula darah serta melindungi terhadap komplikasi diabetes.

6. Membantu mengurangi sesak napas atau asma

Sebuah studi dari University of Helsinki, Finlandia mengemukakan bahwa vitamin C secara mendasar dapat mengurangi bronchoconstriction, yaitu penyempitan saluran pernapasan, yang disebabkan oleh aktivitas fisik dan olahraga.

bronchoconstriction dapat menyebabkan gejala seperti batuk, napas berbunyi dan sesak napas.

7. Mengurangi risiko katarak

Vitamin C berperan dalam meningkatkan penglihatan mata, serta mencegah terjadinya katarak yang bisa menyebabkan kebutaan pada orang lanjut usia. Hal ini karena lensa mata membutuhkan vitamin C dalam jumlah yang banyak untuk menghilangkan semua radikal bebas yang ditimbulkan dari paparan langsung sinar matahari.

8. Mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke

Vitamin C memiliki antioksidan yang sangat baik. Hal itu dapat menurunkan kolesterol dan meningkatkan aliran darah, yang juga membantu mencegah penyakit jantung dan stroke.

Add Comment