Ini Cara Menggunakan Headset Bluetooth pada iPhone
March 16, 2019 Comments..0

IPhone, sebagai salah satu pabrikan ponsel paling bergengsi, memang memiliki kualitas ponsel yang tidak diragukan lagi. Terlebih lagi jika berbicara mengenai produk yang masih ramai diminati oleh masyarakat, seri ponsel yang sudah lama berhenti produksi pun masih terus diburu, seperti iPhone 5, 6, dan 7. Nah, mulai dari serinya yang ke-7 (iPhone 7), iPhone tidak lagi menampilkan fitur colokan audio jack 3,5mm. Hal ini mengisyaratkan kalau mulai seri tersebut, iPhone menggunakan teknologi bluetooth untuk koneksi dengan headset, jika mau menerima telepon atau mendengarkan musik. Pasti di benak kita terpikirkan, bagaimana cara menggunakan headset bluetooth iPhone tersebut bukan? Apakah pula iPhone harus menggunakan headset bluetooth resmi dari pabrikan iPhone sendiri? Jika tidak, dan bisa menggunakan headset bluetooth apa pun, bagaimana cara menggunakannya? Kami akan coba bahas itu semua dalam tulisan ini.

Seperti sudah disebutkan di atas, mulai serinya yang ke-7, iPhone tidak lagi menggunakan colokan audio sebagai fitur tambahan untuk terkoneksi dengan headset (earphone, earbuds, ataupun headphone). Sebagai gantinya, iPhone menyediakan headset (earphone) bluetooth canggih yang mereka sebut dengan AirPods. Secara fisik, AirPods memiliki bentuk yang tidak jauh berbeda dengan pendahulunya, headset kabel, yang biasa dikenal dengan EarPods. Bedanya, pada AirPods tidak ada kabel dan jack 3,5 mm. Kabel dan jack 3,5 mm pada EarPods digantikan oleh teknologi baru berupa teknologi wireless yang bernama W1 atau bluetooth pada AirPods.

AirPods ini dilengkapi sensor optik dan accelerometer yang dapat mendeteksi penggunaan earphone tersebut. Earphone hanya akan memutar musik ketika sedang dipasangkan di telinga penggunanya. AirPods juga dapat terkoneksi dengan software aplikasi asisten pribadi Siri untuk kemudahan kontrol dan kendali penggunaannya. Sama seperti headset bluetooth lainnya, earphone ini juga dilengkapi dengan baterai yang dapat dicharge sewaktu-waktu ketika dayanya habis. Setidaknya, untuk penggunaan normalnya, baterai AirPods dapat bertahan selama 5 jam.

Baca Juga :  Review Smartphone Xiaomi Redmi Note 6 Pro Spesifikasi dan Harga

Lantas, bagaimana cara menggunakan headset bluetooth AirPods tersebut? Karena AirPods masih merupakan perangkat yang dikeluarkan oleh pabrikan Apple atau iPhone, cara penggunaannya pun sangat mudah. Sebab, AirPods memang kompatibel dengan software atau sistem operasi iOS, khususnya iOS 10 ke atas, Watch 3, atau macOS Sierra ke atas. Kamu tinggal aktifkan bluetooth di iPhone, secara otomatis ponsel akan melakukan pairing. Kamu tinggal menggunakannya saja. Atau, kalau mau lebih mudah lagi, kamu bisa menggunakan software asisten pribadi Siri agar penggunaannya lebih maksimal. AirPods ini pun dapat digunakan pada seri-seri iPhone sebelum iPhone 7. Syaratnya, iPhone tersebut sudah terinstal iOS 10 ke atas.

Nah, sekarang bagaimana kalau headset bluetooth yangdigunakan bukan headset resmi bawaan pabrikan Apple, apakah bisa digunakan diiPhone? Bagaimana cara menggunakan headset bluetooth tersebut?

Why Apple's iPhone 7 may kill the headphone jack | Digital ...

Jawabannya, bisa saja. Sebab, iPhone juga kompatibel dengan beberapa perangkat di luar pabrikan Apple. Cara menggunakannya juga cukup mudah karena pada dasarnya sistem headset bluetooth juga tidak jauh berbeda. Untuk perinciannya sebagai berikut.

  • Pertama, kamu aktifkan bluetooth di iPhone kamu.Buka pengaturan – kemudian aktifkan Bluetooth. Pastikan pengaktifan bluetooth benar-benar selesai.
  • Nyalakan perangkat headset bluetooth kamu.IPhone akan otomatis mencari dan melakukan proses pairing ke headset bluetoothkamu. Ulangi langkah ini jika iPhone belum bisa mendeteksi perangkat headsetbluetooth kamu.
[Fixed]Bluetooth Not Working in iOS 11/iOS 11.2.6 on ...
  • Ketika sudah terdeteksi, klik nama perangkatkamu yang terdeteksi. Masukkan Pin atau sandi jika ada.
  • Setelah proses itu, kamu sudah dapatmengoneksikan headset bluetooth kamu dengan iPhone kamu. Selanjutnya tinggalputar audio yang kamu inginkan.

Nah, itu tadi adalah beberapa informasi mengenai penggunaan headset bluetooth dan cara menggunakan headset bluetooth tersebut pada iPhone. Tentunya, yang perlu diperhatikan adalah seri iOS yang digunakan iPhone tersebut. Dengan begitu, kamu akan lebih mudah dalam mengoneksikan perangkat headset bluetoothmu dengan ponsel iPhone kamu. Selamat mencoba!

Baca Juga :  Review Smartphone Xiaomi Redmi Note 6 Pro Spesifikasi dan Harga
Proudly powered by WordPress | Theme: Postmag by www.postmagthemes.com.