Yuk, Mengenal Beberapa Jenis Kabel USB!
July 7, 2019 Comments..0 Tags:
jenis kabel

Di era sekarang ini, kegiatan kita sehari-hari sering kali menggunakan berbagai macam teknologi. Dalam penggunaannya, kita membutuhkan sesuatu untuk menghubungkan satu teknologi ke teknologi lain. Sebagai contoh, saat ingin mencetak sebuah dokumen dari file yang tersimpan di laptop, kita membutuhkan kabel yang bisa menghubungkan ke mesin pencetak atau printer.

Nah, untuk urusan semacam ini, kabel USB hadir dengan segudang solusi. Kabel USB sudah banyak digunakan sebagai konektor antara komputer dengan perangkat lainnya, seperti keyboardmouse, kamera, printer, scanner, harddisksmartphonecharger, dan lain sebagainya.

Nah, karena bentuk lubang port dari perangkat-perangkat elektronik tersebut semakin beragam, maka bentuk kabel USB pun juga disesuaikan.

Apakah kamu juga sedang membutuhkan kabel USB untuk menghubungkan perangkat-perangkat yang kamu punya?

Sebelum membeli, yuk kenal dulu jenis-jenis kabel USB berikut berdasarkan bentuk fisiknya.

Kabel USB Type-C

Kabel USB Type-C ini sudah mendukung USB 3.1 yang sering digunakan untuk mengisi tegangan pada laptop maupun notebook. Bentuknya cukup kecil sehingga cocok digunakan pada perangkat portabel yang biasanya punya dimensi tipis.

Selain itu, kabel USB Type-C sudah mendukung teknologi USB 3.1. Ini membuatnya mampu menciptakan kecepatan transfer maksimal hingga 10 Gbps. Kemampuan ini dimungkinkan karena ia mampu menghantarkan tegangan supply hingga 20V (100W) dan 5A.

Kabel USB Type-A

Kabel USB Type-A juga dikenal dengan nama USB Standar A. Kabel jenis ini memiliki bentuk persegi panjang yang rata seperti bentuk USB standar pada umumnya.

Kabel USB Type-A umumnya digunakan pada laptop maupun PC. Oleh karena itu, kebanyakan laptop maupun PC memiliki lubang port atau soket untuk USB Type-A ini, atau yang biasa disebut dengan USB A-female port atau soket USB Type-A.

Baca Juga :  Spesifikasi Hp Samsung Terbaru S7

Sebagai informasi, jenis USB 1.1, USB 2.0, hingga USB 3.0 juga umumnya menggunakan desain USB-Type A ini, lho. Desain itu digunakan baik pada ‘colokan’ maupun pada lubang port atau soketnya. Dengan begitu, kabel USB Type-A dapat dicolokkan ke lubang port atau soket Type-A yang ada di laptop maupun PC walaupun jenis kecepatannya berbeda-beda.

Namun, perlu kamu tahu bahwa terdapat perbedaan antara USB Type-A 2.0 dengan USB Type-A 3.0. Bedanya adalah pada USB Type-A 3.0 terdapat warna biru. Sementara itu, untuk USB 1.1 sudah tidak ada karena versi ini tidak digunakan lagi.

Selain ukuran standar, USB Type-A juga memiliki ukuran mini dan micro. Sayangnya, kedua ukuran itu kini juga sudah tak dipergunakan lagi.

Kabel USB Type-B

Kabel ini umumnya digunakan pada printer atau scanner. Bentuk kabel ini persegi dengan dua ujung (sudut) yang tumpul.

Secara umum, konektor kabel USB Type-B berpasangan dengan konektor kabel USB Type-A. Oleh karenanya, jenis USB seperti ini sering kita temukan pada printer atau scanner.

Untuk menggunakannya, ujung kabel konektor USB Type-B dicolokan pada printer atau scanner, lalu ujung kabel satunya yang berupa konektor USB Type-A dicolokkan pada laptop maupun PC.

Perihal ukuran, kabel ini memiliki tiga varian, yaitu standar, mini, dan micro.

Berdasarkan sejarahnya, USB Type-B Standar pertama kali dibuat untuk digunakan pada USB 1.1 dan USB 2.0. Jenis USB ini sering digunakan pada perangkat yang cukup besar, seperti printer dan scanner yang dihubungkan ke laptop maupun PC.

Secara ukuran, USB Type-B Mini berukuran jauh lebih kecil dibandingkan ukuran USB Type-B Standar. USB Type-B Mini sering digunakan pada kabel USB kamera digital, smartphone, tablet, hingga harddisk.

Baca Juga :  Rekomendasi Samsung Galaxy dengan Harga Terjangkau

Sementara itu, USB Type-B Micro berukuran lebih kecil dari USB Type-B Mini. USB Type-B Micro sering digunakan pada perangkat portable seperti smartphone dan tablet.

Ketiga jenis ukuran USB Type-B tersebut digunakan pada USB 2.0. Nah, khusus untuk USB 3.0, USB Type-B memiliki desain yang agak berbeda dari desain ketiga ukuran di atas.

Nah, itulah beberapa jenis kabel USB yang perlu kamu tahu sebelum kamu berniat membelinya. Yang jelas, pilihlah USB yang kompatibel dengan perangkatmu, ya! Bila ragu, tanyakan saja langsung ke penjual yang bersangkutan.

Proudly powered by WordPress | Theme: Postmag by www.postmagthemes.com.